Wednesday, October 29, 2014

Tips Memilih ISP Broadband

ISP (Internet Service Provider) adalah operator yang menyediakan layanan internet. Pengertian Broadband sendiri berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya ada koneksi broadband, proses akses internet dial-up sangatlah lambat, kecepatan koneksi dial-up dinilai terlalu lamban karena saluran telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor inilah  yang membuat metode koneksi broadband ini lebih disukai untuk akses internet.

Berikut sedikit tips dalam memilih ISP broadband :

  • pastikan ISP yg anda pakai memiliki jaringan yg bagus ditempat anda. periksa layanan yg disediakan oleh ISP anda, pastikan ISP yg anda pilih memenuhi kebutuhan anda. 
  • lihatlah pelanggan dari ISP tersebut, biasanya makin sepi pelanggannya, makin cepat koneksinya (point ini sekarang agak tidak berlaku) 
  • pilihlah ISP yg tidak bisa di "bug", karena biasanya kalau ISP yg bisa di"bug" itu lambat kecepatannya karena konesi diambil oleh orang yg tidak bertanggung jawab dalam melakukan bug ini. 
  • pakailah trik khusus untuk mendonkrak koneksi anda (dalam hal ini tidak bertentangan dengan peraturan dari ISP anda, sebagai contoh pemakaian tutup panci, sendok dll, sebagai penguat signal

Sedikit tambahan referensi :

Sebagai calon pengguna ISP kita harus memperhatikan lokasi dan fasilitas ISP itu sendiri. Lokasi dan fasilitas ISP mempengaruhi kecepatan internet, karena lokasi ISP yang jauh dari domisili pelanggan, maka dikhawatirkan proses pelayanan menjadi kurang lancar. Kalau ISP yang akan kita pilih menggunakan transmisi seluler atau wireless ada baiknya mensurvey dulu apakah fasilitas media transmisi data misalnya tower BTS (seluler), tower antena ISP (wireless) ada cukup dekat dengan domisili kita.

Selain itu, penting pula mencari informasi bagaimana kualitas perusahaan pendiri ISP tersebut. Bagaimana kualitas teknis, seperti kecepatan, kuota dan lain-lain. Pesan dari pakar teknologi, pilihlah ISP yang mempunyai record layanan baik dan referensi pelanggan yang cukup terpercaya. Serta, memiliki team support yang siap 24 jam sehingga cepat mencari solusi bila terjadi gangguan.

Sebelum menentukan paket internet yang akan dipilih lebih baik memperhatikan sejauh mana kebutuhan akses nantinya, setelah itu mencari perkiraan data allowance yang tepat.

 
Copyright 2010 Rona Teknologi. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman